Void adalah | Arti dan Fungsi

Void >>>www.mandorayub.com>>>>>Arti dan Fungsi Penting Void
Arti dan Fungsi Penting Void
Void adalah ruang kosong yang berada di antara lantai atas dan lantai bawah. Biasanya digunakan untuk mengatur teknik sirkulasi udara agar suhu yang berada di dalam ruangan tetap terasa sejuk dan tidak panas. Selain itu void juga berfungsi untuk mengatur agar sinar matahari bisa tetap masuk meski tidak menggunakan jendela. Sehingga penggunaan void lebih dibutuhkan untuk bangunan rumah yang tidak punya jarak dengan bangunan rumah yang lain.
Arti dan Fungsi Penting Void
Bangunan rumah yang saling berdempetan akan menjadikan jendela tidak bisa dipasang di sembarang tempat. Jendela tersebut hanya bisa ditempatkan pada bagian depan rumah saja. Keadaan seperti ini lebih sering terjadi pada komplek perumahan atau rumah di kota-kota besar yang persediaan lahannya sangat terbatas. Sehingga void bisa difungsikan sebagai pengganti jendela tersebut.

Untuk bangunan rumah yang hanya terdiri dari satu lantai saja, void juga bisa dibuat namun dengan syarat harus punya dinding dan plafon yang ukurannya lebih tinggi. Selain itu void untuk rumah yang berlantai satu sebaiknya tidak diberi ornament yang lain seperti lampu gantung dan sebagainya. Karena ini akan menjadikan ruang terkesan lebih sempit dan pendek.



Terlebih lagi jika ukuran luasnya termasuk kecil. Jadi sebaiknya dibiarkan kosong begitu saja. Sehingga void yang berada di ruang kecil juga berguna untuk memunculkan kesan lapang dan luas pada ruang tersebut.
Void juga bisa digunakan untuk memberi cahaya yang cukup untuk taman yang berada di dalam ruang, terutama untuk jenis tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari. Apalagi jika ruang yang digunakan untuk menempatkan taman berada di bagian tengah sehingga sinar yang masuk akan terhalang oleh dinding yang berada di sekelilingnya.

Keuntungan lain jika mau menggunakan void adalah kita bisa melakukan penghematan terutama untuk penggunaan energi listrik. Karena sinar matahari bisa masuk dengan bebas maka penggunaan lampu untuk penerangan bisa diminimalkan bahkan dihilangkan sama sekali kecuali untuk malam hari saja. Dan sistem sirkulasi udara yang memberi kesejukan menjadikan penghuni tidak memerlukan ruang pendingin atau AC lagi.
Selain untuk membuat sistem pencahayaan sinar matahari dan sirkulasi udara void juga punya fungsi sosial yaitu untuk menjalin hubungan akrab antar anggota keluarga atau penghuni rumah, terutama untuk rumah yang menggunakan dua lantai atau lebih. Karena ketika sedang berada di lantai atas kadangkala sulit untuk melakukan komunikasi untuk penghuni lain yang sedang berada di lantai bawah.

Namun dengan adanya void, hal tersebut tidak perlu terjadi. Tanpa perlu turun ke lantai bawah, penghuni yang tinggal di lantai atas tetap bisa langsung berhubungan dengan penghuni lain yang ada di lantai bawah. Maka tidak mengherankan jika void lebih sering diletakan di ruang keluarga. Namun jika ini meletakannya di daerah ruang tamu juga tidak begitu masalah. Yang terpenting ketika saling berkomunikasi tetap memperhitungkan etika atau aturan sosial yang ada.

Ketika ingin menempatkan void, perhatikan dengan cermat arah datangnya sinar matahari. Karena void akan menerima sinar matahari secara langsung dari atas. Jika pengaturannya tidak tepat maka sinar yang masuk akan terlalu banyak dan terang dan akan membuat mata silau.

Demikian pula dengan ukuran besar atau luasnya juga harus disesuaikan dengan sinar matahari yang dibutuhkan. Jika terlalu sempit dan kecil sinar yang masuk tidak maksimal. Namun jika terlalu besar ruang justru akan terasa panas sehingga seperti ruang yang tidak menggunakan atap.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah penentuan lokasi void juga harus memperhitungkan keselarasan dan estetika ruang. Demikian pula dengan bentuk desainnya.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog