Ruangan Yang Wajib Ada Pada Sebuah Rumah

www.mandorayub.com>>>>>Rumah yang layak dihuni wajib memiliki beberapa ruangan yang sebagai elemen primer. Keberadaan elemen primer atau ruangan utama ini menjadi syarat mutlak karena menjadi penunjang kegiatan wajib bagi yang memiki rumah. Tanpa ruangan ini, maka keberadaan tempat tinggal tersebut dinyatakan tidak layak huni. Berikut informasi penting bagi siapa saja yang ingin mendirikan rumah sehingga dinyatakan layak.
Ruangan utama yang wajib ada pada sebuah rumah adalah sebagai berikut:

  1. Kamar tidur. Seluruh bangunan yang ada di dunia ini yang disebut rumah, pasti memiliki kamar tidur. Keberadaannya mutlak walaupun pada beberapa tempat karena keterbatasan lahan biasanya menggabungkan beberapa ruang menjadi satu fungsi. Contohnya apartemen. Pada rumah jenis apartemen studio, biasanya menggabungkan fungsi kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan beberapa ruang lain menjadi satu ruangan.
  2. Toilet. Keberadaan toilet atau kamar mandi juga mutlak dibutuhkan pada sebuah rumah. Di kota-kota besar di Indonesia, karena memiliki keterbatasan lahan, biasanya menggunakan toilet portable untuk mensiasati keberadaan lahan yang sempit pada sebuah tempat tinggal.
  3. Ruang tamu – ruang keluarga. Keberadaan elemen primer pada sebuah rumah ini juga wajib ada sebagai tempat utama atau pusat aktivitas seluruh anggota keluarga. Pada beberapa rumah model minimalis, biasanya menggabungkan kedua fungsi ruangan ini.
  4. Ruang makan – dapur. Pada elemen primer ini, biasanya terjadi penggabungkan dengan ruangan keluarga. Jika sebuah rumah kecil memiliki ruang tamu tersendiri, biasanya elemen ruang keluarga, ruangan makan dan dapur menjadi satu. Tetapi jika sebuah rumah mungil menggabungkan antara ruang tamu dan ruang keluarga, maka dapur dan ruang makan dijadikan satu. Ketentuan penggabungan ini tidak berlaku pada apartemen jenis studio.
  5. Taman. Keberadaannya yang akan memberikan jaminan kesegaran udara yang mengalir ke dalam rumah. Biasanya elemen ini berada pada halaman depan (beranda), halaman belakang atau samping atau bahkan ada yang membuat kreasi taman gantung (menempel di dinding) karena keterbatasan lahan. Sekecil apapun rumah yang ingin dibuat, maka elemen ruang taman wajib disediakan.
  6. Beranda atau teras. Ruangan terbuka ini mutlak ada dan biasanya menjadi sebuah ruangan yang memisahkan antara jalan dengan bagian dalam rumah. Adalah tidak mungkin jika kita membangun rumah tetapi tidak memiliki halaman. Sangat riskan jika membuka pintu rumah langsung menuju jalan raya. Pada beberapa jenis perumahan, elemen ruang teras atau beranda ini dibatasi oleh pagar. Kecuali untuk rumah jenis cluster tanpa pagar atau apartemen.
Demikian informasi yang berguna bagi orang yang ingin membangun sebuah rumah. Elemen primer atau ruangan wajib yang kami sebutkan di atas adalah mutlak dibutuhkan jika anda ingin memiliki rumah yang layak dihuni.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog