cara membuat rumah dari kayu

www.mandorayub.com>>>>>Kayu merupakan salah satu alternatif material yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan seperti dalam membuat rumah kayu, jika pada zaman dahulu dapat diperoleh kayu dalam jumlah melimpah sehingga berapapun yang dibutuhkan untuk membuat rumah sudah tersedia di alam bebas sehingga rumah kayu merupakan pilihan utama ketika membangun rumah yang seiring perjalanan waktu lebih banyak menggunakan bahan beton bertulang sebagai pengganti kayu. dalam situasi ini menjadikan rumah kayu menjadi sebuah bangungan unik yang mahal sehingga kehadiranya banyak digunakan dalam pembuatan bangunan restoran bergaya tradisonal, rumah adat serta berbagai bangunan lainya yang lebih menonjolkan sisi natural. agar dapat berdiri dengan kokoh dan indah ada beberapa tips cara membuat rumah dari kayu sebagai berikut




  • Lokasi pembangunan rumah sebaiknya pada daerah yang tidak merusak kayu serta dapat menjamin rumah kayu dapat berdiri dengan kokoh dan tahan lama, seperti pembangunan rumah kayu di tepi laut seringkali menimbulkan kerusakan pada bangunan kayu.
  • Pemilihan jenis kayu yang akan digunakan perlu disesuaikan dengan fungsi dan nilai-nilai arsitektur yang ingin ditampilkan, misalnya untuk kayu struktur kolom utama akan lebih baik jika menggunakan kayu jati kualitas 1 sehingga rumah dapat berdiri kuat, sedangkan pada dinding rumah yang menggunakan papan dapat menggunakan kayu dengan teksture menarik sehingga tercipta sebuah rumah indah.
  • Kegiatan pengawetan kayu dilakukan sebelum digunakan sebagai bahan bangunan, cara mengawetkan kayu bisa dengan melakukan perendaman atau pengecatan pada permukaan kayu sehingga aman terhadap gangguan serangga dan pelapukan.

Sambungan konstruksi rumah kayu
Material penyambung kayu dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan misalnya dengan menggunakan paku,Bambu yang dibentuk sebagai pasak atau mengikat kayu dengan ijuk sehingga dapat dibentuk sebuah konstruksi rumah sesuai gambar yang kuat sambunganya. penyambungan dapat menggunakan sistem bibir berkait atau bentuk-bentuk lainya yang dapat mengikat kedua kayu menjadi satu kesatuan.

Harga rumah kayu
Mengingat kelangkaan kayu sebagai akibat penebangan hutan yang dilakukan secara terus menerus tanpa diimbangi upaya reboisasi kembali dapat menyebabkan mahalnya harga kayu dan terus naik dari waktu ke waktu, bersarnya rencana anggaran biaya rumah kayu akan dipengaruhi oleh lokasi pembangunan, ketersidiaan kyu serta tukang bangunan yang ahli dalam perkayuan.

Cara membuat rumah kayu
Secara umum pembuatan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana sehingga dapat dihasilkan sebuah rumah kayu yang indah, kuat serta dengan harga yang ekonomis, berikut ini urutanya
  1. Membuat data existing tanah dan daftar rencana desain rumah kayu
  2. Pembuatan bentuk rumah dalam bentuk gambar bangunan
  3. Perhitungan struktur kayu untuk menentukan dimensi dan jenis kualitas kayu yang aman dan ekonomis untuk digunakan dalam setiap bagian struktur tumah seperti kolom, balok dan rangka kuda-kuda atap rumah.
  4. Pembuatan gambar detail struktur rumah kayu berdasarkan hasil perhitungan sebelumnya.
  5. Perhitungan rencana anggaran biaya bangunan.
  6. Pendatangan material bangunan dan upaya-upaya pengawetan.
  7. Pembangunan rumah kayu dengan metode kerja terbaik berdasarkan gambar desain yang sudah dibuat sebelumnya.
  8. Pemeliharaan rumah dari hal-hal yang dapat merusak bangunan seperti kebocoran atap atau serangan serangga perusak kayu.

Demikian gambaran tentang pembuatan rumah kayu, selamat merencanakan rumah idaman :-) rumah terbaik bukanlah yang termegah  melainkan sebuah rumah yang mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam menjalankan setiap aktifitas kehidupan :-)

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog