Genteng Tanah Liat | Kelebihan dan Keunggulan

Genteng Tanah Liat ...www.mandorayub.com>>>>> Meski sekarang ini sudah banyak diproduksi genteng yang menggunakan bahan lain serta dibuat dengan teknologi modern dan menggunakan mesin yang canggih, tapi genteng yang dibuat dari tanah liat tetap tampil sebagai genteng yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Alasannya adalah karena genteng ini punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh genteng dari bahan modern seperti asbes atau metal dan sebagainya.

Kelebihan dan Keunggulan Genteng Tanah LiatKelebihan dan keunggulah genteng tanah liat tersebut antara lain adalah tidak memunculkan hawa yang panas pada ruang meski matahari bersinar dengan panas dan terik. Ini sangat berbeda sekali dengan genteng yang terbuat dari asbes apalagi seng atau metal. Genteng yang memakai bahan ini menimbulkan hawa yang sangat panas dan sering membuat penghuni merasa kurang nyaman. Bila menggunakan mesin pendingin ruang atau AC energi listrik yang dibutuhkan jadi lebih besar. Akibatnya tentu saja tejadi pemborosan biaya.

Sementara itu jika malam hari atau cuaca sedang dingin, genteng tanah liat justru bisa memberi kehangatan. Hal ini bisa terjadi karena pada waktu siang panas dari sinar matahari dapat terserap lalu disimpan oleh genteng dan dikeluarkan secara pelan-pelan pada ruang ketika cuaca berubah jadi dingin. Jadi meski ada di dalam rumah penghuni bisa merasa hangat namun tetap sejuk dan nyaman.



Beberapa hasil penelitian telah membuat kesimpulan yang sama jika genteng dari tanah liat tidak pernah menimbulkan efek negatif pada kesehatan. Sungguh jauh berbeda dengan genteng yang dibuat dari asbes yang ternyata bisa menjadikan penghuni rumah lebih mudah terserang penyakit paru-paru dan organ pernafasan yang lain. Bahkan jika sinar matahari terlalu panas menyengat, genteng dari asbes bisa menjadi penyebab munculnya kanker bila penghuni sering menghirup udara yang ada di dalam ruang.

Kelebihan lainnya, genting yang warnanya coklat ini tidak dapat memunculkan kebisingan sama sekali. Bentuknya yang melengkung serta punya ukuran lebih tebal, ketika sedang kejatuhan air dari hujan yang turun tidak menimbulkan suara yang gaduh meski tetap terdengar oleh telinga. Genteng dari metal dan logam yang lain jutru menimbulkan suara yang sangat keras dan bising. Ketika sedang istirahat dan butuh ketenangan tentu hal ini akan sangat mengganggu.

Menurut pendapat para ahli bangunan, secara jujur mereka mengatakan bahwa data yang diambil dari bangunan lama peninggalan Belanda di Indonesia menunjukan, meski memakai gaya Eropa dan kolonial tapi bagian atapnya tetap menggunakan genteng tanah liat asli produksi Indonesia. Genteng itu tetap punya bentuk dan tampilan yang sama meski usianya sudah ratusan tahun. Ini merupakan bukti bahwa genteng tanah liat punya usia pemakaian yang jauh lebih lama dibanding dengan genteng lain bahkan yang dibuat dengan teknologi modern sekalipun.

Kemudian bila diliat dari sisi keindahannya, genteng dari tanah liat punya tampilan yang sangat cantik dan mampu memunculkan kesan yang lebih artistik pada bangunan. Penyebabnya adalah karena genteng ini punya bentuk dan ukuran yang sama pada setiap bangunan meski tidak punya ukuran standar yang pasti. Terlebih lagi bila atap atau genteng ini diberi tambahan berupa variasi berbentuk tulisan atau dikombinasi dengan genteng krepus, maka tampilannya akan terlihat lebih indah.

Selanjutnya dari sisi perawatan, genteng tanah liat tidak membutuhkan sistem yang rumit atau sulit dikerjakan. jika ada yang kotor cukup dibersihkan dengan sapu lidi saja. Jika muncul jamur, bisa diberi lapisan dan cat khusus. Sekarang di toko-toko besi dan bahan bangunan sudah banyak tersedia bahan lapisan anti jamur yang khusus digunakan pada genteng tanah liat.



Sumber gambar : http://www.chinaperfectroof.com

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog