Dari Mana Merek Cat EMCO Muncul?

Cat merek EMCO tentu sudah Anda kenal. Merek cat kayu dan cat besi yang berhasil meraih penghargaan Superbrands 2010 ini  dikenal dari kalengnya yang berwarna merah kombinasi kuning dengan tulisan berwarna hitam. Dari mana munculnya nama cat yang diproduksi oleh Mataram Paint ini?


Dalam buku “Sang Mentari Industri Cat dari Surabaya” karangan Dukut Imam Widodo, EMCO berasal dari inisial M dan C, yang kemudian dilafalkan menjadi Emco, singkatan dari Mataram Company. Namun, kata-kata Mataram Company ini sendiri secara legal tidak pernah digunakan dalam urusan administrasi, karena yang dikenal adalah PT Mataram Paint.

Secara historis, Mataram Paint pernah membuat produk turunan dari brand  Emco, antara lain adalah Emcolin, Emcolux, dan Emcolac. Emcolin adalah cat yang dapat digunakan untuk mengecat bagian luar maupun dalam dan pata tahan terhadap sengatan cahaya matahari. Sedangkan Emcolux adalah cat lak sintetis yang dapat digunakan untuk mengecat bagian luar maupun bagian dalam kendaraan seperti mobil dan kereta api. Sementara Emcolac adalah cat lak sintetis yang digunakan untuk mengecat perabot atau furnitur, baik dengan cara disemprotkan ataupun dikuas. Saat ini, dari sekian banyak produk turunan tersebut, Mataram Paint mempertahankan merek EMCOLUX sedangkan merek yang lain sudah tidak dipasarkan lagi.

Selain merupakan inisial dari Mataram Company, masih dari buku yang sama, salah satu pendiri perusahaan ini yakni Sumantri Sudirodarmodjo (perintis perusahaan bersama Njoo Ting Sioe) ini rupanya juga mengidolakan Emilia Contessa, penyanyi yang ngetop pada era 1960-an. Dukut dalam buku tersebut menuliskan begini: EMCO= Emilia Contessa.

Boleh jadi, ada kebetulan-kebetulan antara Emilia Contessa dengan Mataram Company. Faktanya, Mataram Paint berkembang menjadi perusahaan Cat nasional yang memiliki bidang usaha dari hulu sampai hilir di bidang bahan bangunan building materials

oleh: Alois Wisnuhardana

Sumber by majalah idea

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog