PERSEWAAN / RENTAL SCAFFOLDING atau STEGER

PERSEWAAN / RENTAL SCAFFOLDING atau STEGER area SOLO dan Sekitarnya hub :

- PT. TITIN BANGUN PERSADA
Tlfn : 0271 780 646 { Pak Gun }

CV PUTRA JAYA SCAFOLDING
Hp : 081 642 724 15
(Mohon maaf jika ada penulisan yang salah)
Pengertian scaffolding atau steger adalah suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia dan material dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan bangunan besar lainnya. Bahan steger atau scaffolding  itu sendiri biasanya terbuat dari pipa atau tabung logam, walaupun dapat juga terbuat dari bahan bahan lain seperti bambu contohnya, yang di beberapa negara Asia seperti Cina dan Indonesia masih terdapat yang menggunakan bambu sebagai bahan dari steger atau scaffolding. Keuntungannya mungkin karena steger yang terbuat dari bambu, bisa mencapai ketinggian yang sangat tinggi.
Untuk lebih mendalami pengertian scaffolding itu sendiri atau gambaran dari scaffolding itu sendiri, berikut adalah bagian bagian dari sebuah scaffolding:
  • Catwalk: adalah tatakan yang digunakan sebagai tempat orang berpijak atau berdiri serta bekerja di atas scaffolding. Terkadang dibutuhkan 2pcs catwalk untuk menutup penuh bagian atas scaffolding, tetapi penggunaan catwalk bisa disesuaikan dengan kebutuhannya, terkadang cukup hanya menggunakan 1pcs catwalk.
  • Horizontal: atau sering disebut sebagai stabilizer dimana horizontal berfungsi sebagai penahan rongga-rongga scaffolding yang tidak memiliki penahan sehingga bisa menjadi lebih kokoh lagi untuk penyusunan scaffolding yang tinggi.
  • Stair atau tangga: Tangga adalah aksesoris perlengkapan scaffolding yang digunakan sebagai tangga pada umumnya, sehingga anda dapat naik ke tingkat tertentu seperti naik tangga rumah atau tangga gedung.
  • Ladder: Seperti halnya dengan main frame, ladder juga merupakan frame yang dibuat sedemikian rupa. Perbedaannya terletak kepada tinggi dan bentuknya saja.
  • Jackbase: digunakan saat mainframe tidak memiliki dudukan yang sama tinggi, dengan kata lain saat scaffolding di dirikan dan ternyata miring maka dibutuhkanlah jackbase. Jackbase membantu main frame atau scaffolding dapat berdiri sama rata sehingga dapat bekerja di atas scaffolding dengan aman.
  • Uhead: adalah aksesoris scaffolding yang digunakan dan diletakkan di atas main frame. Biasanya uhead memiliki ukuran 0.4 meter dan 0.6 meter dan sering digunakan saat melakukan pengecoran lantai 2 atau dak dengan kata lain digunakan untuk menahan balok. Uhead memiliki ulir yang dapat digunakan untuk mengatur ketinggian yang diinginkan sehingga tepat dan sesuai dengan ketinggian yang diinginkan.
Agar suatu proyek pembangunan sebuah gedung atau bangunan berjalan lancar, diperlukan ketepatan pemilihan jenis scaffolding yang sesuai dengan karakteristik proyek. Faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan tersebut antara lain tingkat keselamatan dan keamanan, biaya, tingkat kesulitan dalam pemasangan dan pembongkarannya, dan faktor lainnya. Dan tentu saja tingkat tentang pengertian scaffolding itu sendiri dan bagian bagiannya akan juga membantu dalam penggunaannya.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog