Perbandingan Biaya Baja Ringan Vs Kayu

Namun, sekarang ini trennya adalah mengganti rangka atap kayu dengan atap baja ringan. Anda yang sedang bimbang akan memilih yang mana, sekilas perbandingan perhitungan biaya ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

Misalnya, kita ingin mengganti rangka atap kayu berbentuk LIMAS KANOPI pada denah berukuran 8m x 12m (3 X 4m ). Untuk pembuatan kuda-kuda ini paling tidak dibutuhkan 2,4 mkayu balok 8/12 . Harga per meter kubiknya 5 juta. Terus kita juga butuh kaso 4/6 dan reng 3/4 sekitar 1,8 m3 yang total harganya sekitar 9 juta. Jadi untuk bahan saja, paling tidak kita membutuhkan 21juta.  Belum termasuk bahan yang lain semisal paku,jasa tukang selama 2 minggu yang mungkin sekitar 3  juta. Dengan begitu, total biaya bisa mencapai sekitar 24 juta.
Berapa biaya yang dibutuhkan jika kita menggunakan rangka
atap baja ringan:
untuk bentuk dan ukuran denah yang sama dengan di atas, harganya tidak jauh berbeda dan sudah termasuk ongkos pasang.Dengan contoh harga atap baja ringan tebal 0,75mm terpasang sebesar Rp.120.000,- dibutuhkan dana sebesar
Rp.120.000 X 177 M2 (luas atap) =
Rp.21.240.000,-
Mungkin jika dihitung, estimasi biaya renovasi rangka atap kayu dengan kayu, atau mengganti rangka atap kayu dengan atap baja ringan tak berbeda jauh. Namun keuntungan lebih bisa diperoleh setelah atap terpasang. Atap kayu bisa tahan 10tahun, jika tidak terserang rayap. Atap baja ringan bisa seumur bangunan dan bebas rayap.Dari hasil analisa tersebut, bisa kita lihat bahwa penggunaan rangka atap baja ringan lebih murah biayanya dan pemasangan yang lebih praktis sehingga menghemat waktu pemasangan.
 
 
by : http://deatruss.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Komentar dan di Share karna berguna juga bagi yang Lain

Search This Blog